Tips Memasak Santan Supaya Tidak Pecah

Tips Memasak Santan Supaya Tidak Pecah

Masakan bersantan memang punya cita rasa yang lezat dan gurih. Tak heran kalau berbagai masakan khas Indonesia sendiri banyak yang menyertakan santan dalam resep masakan karena salah satu ciri khas dari kebanyakan masakan Indonesia adalah rasa gurihnya dan juga rasa sedap dari aneka rempah-rempah. Nah, memasak makanan bersantan itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena sifat santan ketika dimasak itu mudah pecah kalau tidak diteapkan berbagai tips memasak santan dengan tepat. Anda yang memasak sajian lezat bersama dengan santan tentu juga ingin menyajikannya secara sempurna dengan santan yang tidak pecah bukan ? Nah, berikut ini tips agar santan tidak pecah ketika dimasak :

Masak santan di atas kompor dengan api kecil. Perlu dipahami bahwa santan adalah bahan yang terdiri dari minyak dan air, dimana bisa pecah dikarenakan suhu yang tinggi. Apabila sudah pecah, santan pun tidak dapat bercampur dengan bahan masakan yang lainnya. Oleh sebab itu, tips pertama dalam memasak santan supaya tidak pecah adalah masaklah di atas kompor dengan api kecil,

Selama memasak santan, aduk secara terus menerus sampai mendidih. Tips memasak yang satu ini bertujuan agar santan tetap solid serta rasanya semakin lezat dalam masakan. Hindari untuk meninggalkan santan ketika sedang direbus supaya tidak pecah. Kemudian kalau sudah mendidih, segera matikan kompor, tak perlu menunggu sampai santan naik dan berbusa.

Tuang santan dalam masakan pada akhir proses memasak. Dalam menyertakan santan pada berbagai masakan, rebus santan secara terpisah terlebih dahulu sebelum menyertakannya dalam masakan. Jangan lupa merebusnya di atas api kecil dan terus diaduk. Kemudian dinginkan santan terlebih dahulu, baru tuangkan pada masakan di akhir proses memasak. Aduk secara perlahan masakan di atas api kecil sampai santan bersama dengan bumbu lainnya tercampur merata. Tips ini juga bermanfaat untuk menjaga aroma santan tetap harum.

Bagaimana ? Tidak terlalu sulit bukan untuk menjaga masakan yang bersantan supaya tidak pecah ? Dengan teknik memasak santan yang tepat, santan dalam aneka kreasi masakan anda tentu tidak pecah dan masakan pun akan tersaji lebih lezat.