Tips Memasak Pasta dengan Benar

Membuat Pasta
Tips Memasak Pasta dengan Benar

Pasta adalah salah satu sajian masakan yang cukup simple proses pembuatannya. Wajar saja kalau orang Indonesia pun banyak yang menyukai sajian pasta dan memilih untuk membuat sendiri di rumah ketika lapar mulai datang. Untuk menyiapkan sabuah hidangan pasta yang lezat, teknik utama yang perlu diterapkan adalah merebus pasta saja dan kemudian menambahkan dengan bumbu pelengkap seperti saus. Meskipun tergolong mudah, perlu kiranya anda memahami tips memasak pasta yang tepat. Karena proses perebusan yang kurang tepat bisa mempengaruhi tekstur dan cita rasa dari pasta. Lebih lengkapnya, berikut ini antara lain tips yang perlu anda terapkan dalam merebus pasta agar bisa menjadi sajian yang lezat :

Pakailah panci yang ukurannya besar dan air dalam jumlah yang banyak untuk merebus pasta. Tujuannya adalah supaya semua bagian pasta terendam secara menyeluruh. Apalagi untuk jenis pasta spageti. Takaran penggunaan air dalam merebus pasta adalah 4 liter air untuk setiap 500 gram pasta. Air dalam jumlah yang banyak tersebut juga tujuannya adalah supaya ketika pasta direbus, masih ada ruang yang banyak untuk megaduk sehingga pasta tidak saling menempel.

Ketika merebus pasta, berikan tambahan garam 1-2 sendok makan untuk takaran 4 liter air dengan 500 gram pasta. Tips memasak pasta yang satu ini digunakan supaya pasta punya sensasi tambahan rasa gurih. Sehingga rasa gurih tidak hanya diperoleh dari saus pastanya saja, namun juga dari adanya tambahan garam saat merebus.

Mulailah untuk merebus pasta kertika kondisi air mendidih. Pasalnya, kalau anda memasukkan pasta untuk direbus dan sementara kondisi air belum mendidih, ini hanya akan membuat pasta menggumpal serta saling menempel.

Tidak perlu menambahkan minyak dalam air rebusan pasta. Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan minyak saat merebus pasta bisa menghindari pasta lengkat ataupun menggumpal. Namun pernyataan ini tidaklah benar dan justru penggunaan minyak saat merebus pasta hanya akan membuat pasta berminyak sehingga berujung pasta tidak dapat meresap saus pasta.

Memasak pasta idealnya adalah sampai tingkat kematangannya al dente alias kondisi kematangan dimana pasta masih terdapat tekstur agak kenyal. Oleh sebab itu, tips memasak yang dapat anda terapkan untuk mendapatkan tingkat kematangan pasta yang tepat, atur durasi memasak dengan tepat juga. Disarankan kurangi 1 atau 2 menit waktu yang disarankan pada kemasan pasta. Karena umumnya durasi memasak dalam kemasan pasta membuat tekstur pasta terlalu matang.