Tips Memasak dengan Madu Agar Masakan Menjadi Lebih Lezat

Tips Memasak dengan Madu Agar Masakan Menjadi Lebih Lezat

Madu memang merupakan salah satu bahan makanan yang cukup sering kita jumpai dalam berbagai sajian yang lezat. Penambahan madu dalam aneka masakan bisa menghadirkan rasa manis yang lezat dan tentunya lebih unik juga. Nah, pada sisi lain, menambahkan madu dalam sebuah hidangan agar menjadi hidangan yang lezat perlu beberapa panduan tips memasak madu yang tepat. Karena memang madu memiliki karakteristik yang apabila dimasak dengan metode kurang tepat bisa membuat masakan juga jadi kurang lezat. Supaya masakan yang anda sajikan bersama dengan tambahan madu sebagai bagian dari bahan pembuatannya, simak berikut ini tipsnya :

Jika madu dipakai dalam bahan rendaman daging, sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu bahan rendaman sebelum dagingnya dimasak. Dengan begitu, daging tidak mudah gosong. Kemudian usai daging matang, baru tambahkan lagi olesan madu.

Ketika mengukur seberapa banyak madu yang bakal dipakai dalam sebuah masakan, olesi sedikit minyak pada sendok pengukur maupun alat untuk takaran yang lainnya. Tips memasak ini dilakukan supaya madu tidak menempel pada perlengkapan memasak. Selain itu juga tips ini bisa membantu anda untuk memakai madu dalam resep makanan dengan takaran yang lebih tepat sesuai dengan resepnya.

Apabila madu digunakan dalam sajian kue untuk pengganti gula, maka gunakan dalam takaran yang lebih sedikit dari jumlah takaran gula. Paling tidak adalah setengah takaran dari takaran gula. Contohnya jika penggunaan gula dalam sebuah resep kue adalah 1 sendok makan, berarti jika anda menggantinya dengan madu cukup gunakan setengah sendok makan saja.

Sifat madu adalah mudah gosong. Sehingga kalau anda menyertakan madu dalam resep masakan yang dibakar, tips memasak yang dapat anda terapkan adalah oleskan madu beberapa saat sebelum proses membakar selesai. Kurang lebih 5 menit sebelum panggangan diangkat.

Madu bisa membuat kreasi kue menjadi warnanya coklat dalam waktu memasak yang singkat. Jadi, kalau memang anda ingin mengkreasikan madu dalam resep kue maupun makanan lainnya yang diproses dengan dipanggang dalam oven, maka gunakan oven pada suhu yang lebih rendah.

Pilihlah madu yang bekualitas dalam setiap masakan yang menyertakan madu sebagai bahan pembuatannya. Jelas kualitas madu akan mempengaruhi cita rasa dari masakan yang anda sajikan.