Tips Memasak Cumi Untuk Menghilangkan Bau Amisnya dan Membuatnya Empuk

Tips Memasak Cumi Untuk Menghilangkan Bau Amisnya dan Membuatnya Empuk

Cumi, anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan seafood yang satu ini ? Cumi banyak dapat dikreasikan menjadi olahan masakan seafood yang lezat. Namun pada sisi lain, beberapa masalah yang kerap kali dikeluhkan mereka yang memasak cumi adalah bau amisnya dan juga ditambah lagi teksturnya yang ketika masak menjadi kenyal tapi keras. Sehingga membuat sajian cumi cukup sulit dinikmati karena teksturnya yang alot itu. Lalu, apakah bisa diatasi ? Jelasnya bisa dengan beberapa tips memasak cumi secara tepat. Beberapa tips yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut ini :

Pilih cumi yang segar dan berkualitas. Tips pertama agar sajian dari cumi yang anda masak bisa lezat dan ditambah tekstur cumi bisa empuk, terhindar dari bau amis yang terlalu menyengat, adalah pilih cumi yang berkualitas dan masih segar. Semua sajian yang lezat tentunya berasal dari bahan-bahan pembuatan yang berkualitas baik. Tidak terkecuali juga dalam sajian yang menyertakan cumi sebagai bahan pembuatannya. Ini sudah menjadi tips memasak cumi yang sangat mendasar. Cumi yang kurang segar bakal dapat mengeluarkan aroma amis yang terlalu menyengat yang bisa berpengharuh terhadap cita rasa masakan. Ciri dari cumi yang segar adalah matanya bersih, warna daging tidak kemerahan, kulit arinya dalam kondisi baik dan tidak rusak, tektur dagingnya padat serta masih kenyal.

Bersihkan dengan benar sebelum mengolah ke dalam masakan. Caranya keluarkan isi perut cumi serta kupas kulit arinya. Saat engeluarkan isi perutnya, anda perlu berhati-hati supaya kantung tinta cumi tidak sampai pecah. Setelah itu tinggal cuci bersih menggunakan air mengalir. Kalau memang tidak suka dengan tinta cumi, anda bisa memisahkan dan menyimpan di wadah terpisah untuk dipakai pada resep lainnya

Untuk menghilangkan bau amisnya, tips memasak yang dapat diaplikasikan adalah lumuri cumi dengan bumbu rempah seperti jahe parut, air perasan jeruk nipis. Ataupun yang lainnya. Saat melumuri cumi dengan bumbu, biarkan terlebih dahulu beberapa saat supaya bumbu juga meresap dan bau amis bisa tersingkirkan.

Sementara untuk membuat tekstur daging dari cumi empuk, anda bisa memanfaatkan baking soda. Rendam cumi dalam campuran air dan baking soda selama semalaman sebelum dimasak.

Masak dalam waktu yang tepat. Jika disajikan dalam masakan berkuah, cumi lebih baik dimasak dalam waktu yang singkat ketika kuah sendiri sudah mendidih sehingga cumi cukup dimasak kurang lebih 3 menit saja. Namun jika sudah terlanjur memasak terlalu lama, lanjutkan sekalian sampai 30 menit supaya protein dari daging cumi yang mengeras bisa kembali terurai.