Konsumsi Nutrisi Untuk Ibu Hamil Ini Agar Ibu Dan Janin Sehat

Saat hamil, ibu akan mengalami perubahan fisik dan hormon. Tak jarang perubahan tersebut membawa efek yang kurang mengenakkan bagi ibu, seperti pegal-pegal, pusing, mudah lelah, dan sebagainya. Asupan nutrisi untuk ibu hamil sangat perlukan untuk menjaga badan ibu tetap fit dan tumbuh kembang janin lebih optimal. Makanan apa saja yang mengandung nutrisi untuk ibu hamil terbaik? Berikut di antaranya:

1. Nasi Merah

Ibu hamil biasanya mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Maka saat hamil, sangat penting bagi ibu hamil mengonsumsi makanan secara tidak berlebihan namun kaya gizi. Beras merah dengan indeks glikemik-nya yang rendah akan membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan dalam beras merah seperti serat, zat besi dan vitamin B juga sangat baik untuk kehamilan.

Saat hamil, volume darah meningkat hingga sekitar 40%. Mengonsumsi makanan kaya vitamin B, akan membantu produksi sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf.

2. Sayuran Hijau

Kehamilan biasanya membuat ibu hamil kekurangan zat besi. Akibatnya, ibu menjadi mudah lelah dan lesu. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung mengandung kadar zat besi, vitamin C, folat dan serat yang tinggi. Dengan mengonsumsi sayuran hijau, kebutuhan ibu hamil akan zat besi dapat tercukupi. Terlebih sayuran hijau juga mengandung vitamin C yang berfungsi memudahkan penyerapan zat besi ke tubuh.

Selain itu, serat dalam sayuran hijau juga dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari sembelit. Sedang folat sangat baik sebagai nutrisi untuk pertumbuhan sang jabang bayi.

3. Minyak Ikan

Asam lemak omega tiga yang terkandung dalam ikan juga sangat dibutuhkan saat kehamilan untuk kesehatan mata dan sistem saraf bayi dalam rahim ibu. Ikan salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega tiga terbaik. Selain itu, ibu juga bisa memilih ikan kembung yang juga kaya asam lemak omega tiga.

Namun perlu diingat, dari British Nutrition Foundation menyarankan wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi ikan terlalu banyak. Sebab ada risiko ikan yang dikonsumsi mengandung polutan yang tidak baik untuk janin. Dua porsi ikan dalam sehari saja sudah cukup.

4. Pisang

Kram dan kaki bengkak adalah dua masalah yang sering dialami ibu hamil. Untuk mengatasinya, ibu bisa mengonsumsi buah pisang secara rutin sebagai camilan sehat. Buah ini mengandung potassium yang berguna melancarkan sirkulasi cairan dalam tubuh.

Selain itu, pisang juga mengandung serat yang membantu melancarkan BAB dan gula yang mampu mengganjal perut ibu tidak mudah lapar.

5. Ubi

Dengan kandungan antioksidan, serat, dan vitamin B yang dimilikinya, ubi menjadi salah satu makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil. Terlebih lagi, ubi mengandung karbohidrat kompleks yang mampu membuat ibu tidak mudah merasa lapar.

6. Stroberi

Selain pisang, buah yang satu ini juga sangat baik sebagai camilan menyehatkan bagi ibu hamil. Stroberi mengandung antioksidan, folat, vitamin C dan serat yang tinggi.

Konsumsi antioksidan pada sebelum dan selama kehamilan akan mencegah bayi dari risiko obesitas dan diabetes tipe 2 .

7. Daging Merah

Untuk mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil, daging merah tanpa lemak yang kaya akan zat besi dapat menjadi pilihan menu santapan yang baik. Di samping itu protein tinggi yang dikandung di dalamnya juga bermanfaat untuk metabolisme ibu.

Namun yang perlu ibu ingat, saat hamil, hindari konsumsi hati karena kandungan retinol dalam hati bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin.

8. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang bahkan lebih tinggi dibanding jeruk. Tak hanya itu, antioksidan dan folat dalam buah kiwi juga sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi dalam rahim dan mencegahnya dari penyakit diabetes tipe 2 serta obesitas.

Untuk kesehatan bayi setelah lahir, jangan lupa untuk rutin membersihkan tubuh bayi dengan sabun lembut seperti Switzal agar bayi terhindar dari kuman tanpa membuat kulit bayi teriritasi.