Kejadian Alam Yang Menakjubkan

Alam selalu menyuguhkan keindahan alami yang sangat indah, selain itu di alam juga sering terjadi beberapa kejadian yang semakin mengundang decak kagum. Misalnya saja kejadian gerhana bulan, pelangi maupun bintang jatuh. Namun, kejadian alam tersebut seakan biasa di lihat dalam kehidupan. Berikut ini adalah beberapa kejadian alam yang menakjubkan yang tidak boleh terlewatkan oleh mata kita, diantaranya :

Pelangi Bulan

Anda mungkin sudah sering melihat pelangi, namun pelangi yang satu ini lebih indah dan hanya bisa di nikmati dengan cara tertentu saja. Pelangi bulan atau yang disebut moonbow merupakan pelangi yang muncul ketika bulan purnama hingga hampir purnama. Yaitu ketika bulan berada di titik terendah. Jika pelangi yang sering anda lihat muncul setelah terjadinya hujan, maka pelangi bulan tidak membutuhkan hujan untuk mengawalinya. Kenampakan pelangi ini hampir sama dengan pelangi pada umumnya. Hanya waktu kemunculannya saja yang berbeda.

Fatamorgana

Kejadian alam yang satu ini tentunya sudah sering sekali anda dengar, kejadian alam mini ini sering anda temui dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan salah satu keajaiban alam. Ketika cuaca sangat panas, matahari begitu terik dan anda sedang dalam perjalanan di jalan, maka beberapa meter di depan anda akan terlihat seperti lapisan air di atas jalan tersebut. Itulah yang disebut dengan fatamorgana yaitu kejadian alam yang terjadi akibat pembiasan cahaya. Biasanya fatamorgana terjadi di gurun pasir dan jalan raya beraspal.

Sabuk Venus

Sebelumnya pernahkah anda menikmati senja di tempat terbuka? Di sinilah anda bisa menikmati pemandangan sabuk venus. Cahaya senja yang anda lihat di pagi hari ketika anda sedang menikmati senja, itulah yang di sebut dengan sabuk venus. Sabuk venus biasanya muncul pada udara yang berdebu dan sabuk venus ini muncul diantara batas langit dan cakrawala.

Awan Noctilucent

Awan noctilucent berupa awan yang melakukan pembiasan terhadap cahaya matahari yang akan tenggelam dan biasanya awan ini terletak pada ketinggian yang sangat tinggi.

Aurora borealis

Satu lagi fenomena penampakan cahaya diatas langit yang sangat indah dan menakjubkan yaitu aurora borealis yang merupakan penampakan alam di langit berupa cahaya yang berwarna-warni. Aurora berbeda dengan pelangi, karena pelangi mempunya garis lengkung warna yang teratur. Sedangkan aurora cahayanya tidak berpola dan biasanya aurora borealis terjadi di daerah kutub.

 Awan mammatus

Awan mammatus merupakan salah satu peristiwa alam yang berupa awan dengan bentuk yang aneh terkadang orang-orang mengidentikkan awan tersebut dengan datangnya angin kencang atau badai.

Pusaran api

Pusaran api tersebut terbentuk akibat adanya tornado yang kemudian berputar di dekat hutan yang terbakar. Karena banyak mendapat efek api dan panas maka pusaran angin tornado tersebut berubah menjadi sebuah pusaran api.