Jurusan-Jurusan Andalan di Kampus IPB

Logo IPB

IPB, siapa yang tak mengenal universitas yang satu ini?Institut Pertanian Bogor atau disingkat IPB adalah salah satu kampus ternama di kota Bogor. IPB juga banyak memiliki jurusan-jurusan favorit, setidaknya terdapat 7 jurusan favorit di kampus tersebut. Nah, mari kita bedah apa saja jurusan-jurusan andalan di kampus yang pernah menjadi tempat berkuliah presiden SBY ini.

Salah satu jurusan yang paling banyak diincar ribuan peminat adalah Teknologi Pangan di IPB.  Bahkan pada 2013 lalu, terlapor program studi Teknologi Pangan diincar lebih dari 7.000 pendaftar. Padahal kuotanya hanya 100 orang. Ini membuktikan Teknologi Pangan menjadi salah satu jurusan favorit dan diidolai di kampus IPB.

Selain Teknologi Pangan, terdapat juga program studi Ilmu Gizi, Teknik Industri Pertanian, Agribisnis, Statistik, dan Kedokteran Hewan.  Kuota Ilmu Gizi juga terbatas yaitu hanya 80 orang, namun jumlah peminat dari jalur SNMPTN lebih dari batas kuota. Karena merupakan Institut Pertanian, maka tentu jurusan-jurusan yang berhubungan dengan ilmu pertanian seperti Teknik Industri Pertanian, Agribisnis sampai Kedokteran Hewan pun dibanjiri peminat. Nama dan jaminan pendidikan di IPB lah yang membuat banyak orang tak berpikir dua kali untuk mendaftarkan diri di kampus yang satu.

Apalagi nantinya mahasiswa baru IPB akan dikenai Uang Kuliah Tunggal (UKT). Aturan dari pemerintah itu menghapus uang masuk sehingga mahasiswa hanya membayar uang semester. UKT ini tentu lebih memudahkan dan meringankan kemampuan mahasiswa mahasiswi seputar biaya perkuliahan yang harus dibayar.

Nah, bagaimana? Itulah sekedar bedah sederhana tentang jurusan-jurusan andalan di kampus IPB. Bila kamu tertarik berkuliah di kampus ternama yang satu ini, tentu tak perlu galau lagi untuk mendaftarkan diri sebelum terlambat. Selamat menikmati masa perkuliahan!