Keindahan Pulau Sempu, Jawa Timur

Membentang dari Timur ke Barat lebih dari 3.9 kilometer, dengan pantai yang sejalan dengan curam dan kapur tebing-tebing caved. Itu adalah, sekilas, gambar ‘Pulau Sempu‘ terletak di bagian timur pulau Jawa. ‘Pulau’ (Pulau) ‘Sempu’ terletak sekitar 70 kilometer sebelah selatan pusat kota ‘Malang’, Jawa Timur. Secara teknis, pulau ini adalah sifat reservasi di bawah yurisdiksi ‘BKSDA’ IV (Stasiun konservasi sumber daya alam) di Malang. Sementara dari pemerintah pandang administrasi daerah adalah termasuk dalam penyelesaian Biru. ‘Tambakrejo’ Village, ‘Sumbermanjing Wetan’ Kecamatan, Kabupaten ‘Malang’, Jawa Timur.

Luas pulau membentang 3.9 kilometer dari Timur ke Barat, dan 3.6 kilometer dari Utara ke Selatan. Topografi pulau ini untuk hampir 50% terdiri dari perbukitan dataran, lereng mulai dari rata-rata untuk curam, pada ketinggian 50 sampai 100 meter di atas permukaan laut. Sebahagian besar pantai yang sejalan dengan tebing batu kapur yang curam, yang merupakan karakteristik dari Kepulauan sepanjang Samudera Hindia. Karakter ini juga khusus untuk Kepulauan sepanjang Selatan dan timur pulau Jawa. Tentu saja, daerah itu membuat sulit untuk para nelayan untuk moor perahu mereka. Tapi, kondisi seperti juga memutuskan bahwa ‘Sendang Biru’ pantai, yang terletak di utara ‘ Tengger ‘, memiliki ombak yang tenang. Karena itu, pantai ini merupakan pelabuhan yang aman sepanjang Selatan Samudera Hindia, dan ikan terbesar mendarat tempat sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

sempu

Manfaat ‘Pulau Sempu’ bagi nelayan pantai ‘Sendang Biru’ sangat berharga memang. Bentuknya yang kokoh dengan tebing curam, menetralisir setan ombak laut Selatan. Jadi tidaklah mengejutkan untuk kadang-kadang menemukan nelayan melakukan tes slalom pantai long 3.9 kilometer ini dengan air yang tenang. ‘Pulau Sempu’ dipisahkan dari pulau Jawa hanya oleh selat selebar 800 meter, yang juga digunakan sebagai gerbang ke laut terbuka. Gelombang relatif tenang, cocok untuk Memancing, mendayung atau berenang. Sesuai dengan peta tanah, jenis tanah di daerah pulau ini adalah ‘litosol’ senyawa dan kemerahan coklat Mediterania, dan termasuk bahkan formasi batu kapur yang utama.

Gua hanya alami yang ditemukan di ‘Pulau Sempu’ memiliki keistimewaannya sendiri. Goa yang terletak di sekitar 2,5 kilometer dari garis pantai ‘Sumber’ ‘Teluk’ (bay) adalah 25 meter di atas permukaan laut dan memegang sumber air manis. Gua adalah 20 meter panjang dan lebar dengan permukaan kering 3 meter. Ini adalah tempat yang sangat strategis bagi mereka yang ingin bermeditasi, atau hanya mencari kesunyian. Di sepanjang sisi selatan bahkan curam, ada juga beberapa gua laut. Gua laut sepanjang sisi Timur dan Tenggara telah menjadi pemukiman menelan banyak. Namun, karena lokasinya yang sangat curam, tak satu pun dari nelayan setempat berani untuk memilih burung sarang.

Kunjungan ke ‘Pulau Sempu’ merasa seperti berada di ‘Bogor’ Safari Park. Satwa liar seperti rusa di Monyet hitam, babi, dan panthers sering bercanda berpapasan pengunjung. Hal ini tidak mengherankan kemudian bahwa daerah ini sering memprovokasi pemburu untuk membelah ke hutannya. Menurut data di kantor hutan Jawa Timur, daerah masih memegang 12 spesies mamalia, sekitar 35 spesies unggas dan 3 spesies reptil. Dengan ini jenis flora dan fauna pengelolaan pulau, yaitu ‘BKSDA’ IV di ‘Malang’, telah mengembangkan daerah ke daerah tujuan wisata.

Keunikan lain yang dapat ditemukan di pulau ini adalah adanya dua danau, Danau ‘Lele’ dan ‘Segara Anakan’. Danau ‘Lele’ berbagai warna-warni ikan-ikan hias dapat ditemukan dalam kelimpahan. Sementara dari ‘Segara Anakan’ satu dapat dengan bebas menikmati pemandangan laut terbuka.

Leave a Reply