Tarian-tarian di aceh sebagai warisan budaya indonesia

Tarian – tarian yang terdapat di Aceh memiliki gerakan-gerakan yang istimewa dan pastinya mempunyai gaya tersendiri. Pada awalnya ciri – ciri tarian budaya indonesia yang berasal dari provinsi aceh ini ditampilkan untuk dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari upacara tertentu yang difungsikan sebagai suatu ritual bukan dijadikan sebagai tontonan. Namun variasi dan kombinasi gerakan yang serasi diantara tarian, irama musik, dan paduan sastra dipadukan menjadi sebuah tarian massal dengan luas lapangan tampil yang terbatas, gerakan – gerakan sederhana dilakukan berulang – ulang dengan selang waktu penampilan yang cukup panjang.

Berikut adalah beberapa tarian – tarian aceh yang terkenal sebagai warisan budaya indonesia  :

Tarian Seudati

Tarian Seudati ini merupakan tarian yang di ambil dari istilah arab yaitu syahadat. Makna dari tarian ini adalah untuk bersaksi atau mengakui secara islam bahwa Tiada Tuhan Selain Allah, serta Nabi Muhammad SAW.  adalah utusan allah.

Tarian Saman

Tari Saman Aceh, warisan Budaya Indonesia
Tari Saman Aceh, warisan Budaya Indonesia

Tarian ini merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo, Aceh. Sejarah menyebutkan bahwa pada dulu kala, di tempat tersebut ada seorang tokoh pemuka agama muslim bernama Syeikh Saman. Beliau adalah imam yang tersohor di masanya serta dikenal sebagai pemimpin agama yang hebat di daerah tersebut. Oleh sebab itu tarian ini diambil dari nama belakang beliau.

Tarian Rampak

Seni tari yang berasal dari kota serambi mekah ini, biasanya dilakukan oleh pemuda pria dan wanita dengan  posisi duduk sejajar dan mengedepankan gerakan kepala, gerakan badan serta tangan bersamaan dengan irama musik  dinyanyikan oleh oleh para penari secara harmonis. Iramanya berlandaskan dengan syariat agama islam, gerakan tarian ini biasa ditampilkan untuk acara keagamaan.

Selain tarian – tarian di atas masih banyak lagi tarian lain sebagai warisan budaya indonesia yang telah dikenalkan secara turun menurun kepada masyarakat sekitaranya. Semoga tarian budaya tersebut terus dilestarikan seiring dengan perkembangan jaman yang terus maju.

Leave a Reply