Arsitektur Khas Warisan Budaya Indonesia di Sumatera Utara

Budaya Indonesia di Provinsi Sumatera Utara, salah satunya adalah memiliki arsitektur rumah adat yang ┬ámemiliki gaya khas tersendiri. Keahlian masyarakatnya yang memiliki ketekunan dalam bidang seni pahat dan seni ukir yang digabung dengan seni kerajinan telah menghasilkan hasil karya seni rupa berupa arsitektur rumah adat yang mengesankan. Arsitektur pada rumah-rumah adat yang terdapat di provinsi dengan ibukota Medan ini dikenal dengan bentuk rumah yang melambangkan “kerbau berdiri tegak”. Hal tersebut diperkuat lagi dengan aksesoris kepala kerbau yang menghiasi pucuk atap rumah.

Rumah Batak – Warisan Budaya Suku Batak Indonesia

Suku batak yang menjadi salah satu suku terbesar di provinsi ini mewarisi Ruma Batak sebagai ciri khasnya, yang berdiri kokoh serta megah. Rumah Batak ini masih banyak kita temui di Samosir.

Rumah Adat Karo – Warisan Budaya Suku Batak Karo Indonesia

Suku Batak Karo adalah salah satu suku yang mewarnai arsitektur sumatera utara,┬ádengan Rumah Adat Karo yang terlihat lebih tinggi dan besar bila disandingkan dengan rumah-rumah adat lain di sekitarnya. Atap rumah menggunakan bahan ijuk, selain itu biasanya ditambahkan juga dengan atap yang kecil – kecil berbentuk segitiga yang biasa disebut “ayo – ayo rumah” atau “tersek”.

Rumah Karo, Sumatera Utara, budaya indonesia
Rumah Karo, Sumatera Utara, Indonesia

Rumah Adat di Simalungun

Beberapa rumah adat di daerah Simalungun ini tak kalah memikatnya dari rumah-rumah adat sebelumnya. Kompleks perumahan adat yang terdapat di desa Pematang Purba ini biasanya terdiri dari bangunan seperti rumah bolon, jemur, balai bolon, pantangan balai butuh, dan lesung.

Selain bangunan rumah adat di atas , terdapat bangunan khas Mandailing yang biasa disebut “Bagas Gadang”. Tempat ini digunakan sebagai balai musyawarah adat. Beberapa rumah adat warisan budaya indonesia di sisi barat sumatera utara ini, memiliki arsitektur yang bersaing pula dengan keindahan dan kemegahannya dibanding rumah adat lainnya. Arsitektur rumah adat ini masih terlihat kokoh dan bisa anda temui pada halam Gedung Nasional Sibolga.

Leave a Reply